APA YANG DIMAKSUD DENGAN
ANALISIS SWOT?
ANALISIS SWOT?
Menurut Kurtz (2008:45),
SWOT analisis adalah suatu alat perencanaan strategik yang penting untuk
membantu perencana untuk membandingkan kekuatan dan kelemahan internal
organisasi dengan kesempatan dan ancaman dari luar.
Menurut Pearce and Robinson
(2003:134), analisis SWOT perlu dilakukan untuk mencocokkan fit antara
sumber daya internal dan situasi eksternal perusahaan. Pencocokkan yang baik
akan memaksimalkan kekuatan dan peluang perusahaan dan meminimumkan kelemahan
dan ancamannya. Asumsi sederhana ini mempunyai implikasi yang kuat untuk design
strategi yang sukses.
Hubungannya dengan analisis
lingkungan, menurut Robert W. Duncan (Yana, 2007), analisis lingkungan internal
dan eksternal merupakan hal penting dalam proses perencanaan strategi.
Faktor-faktor lingkungan internal di dalam perusahaan biasanya dapat
digolongkan sebagai strength (S) atau weakness (W), dan
lingkungan eksternal perusahaan dapat diklasifikasikan sebagai opportunities
(O) atau threat (T). Analisis lingkungan strategi ini disebut sebagai
analisis SWOT.
Hasil identifikasi terhadap lingkungan internal dan lingkungan eksternal memberikan gambaran mengenai kekuatan (strenght), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (Threath) atau sering disebut dengan SWOT. Secara lebih jelas dapat dilihat dari tabel 1 berikut ini.
Hasil identifikasi terhadap lingkungan internal dan lingkungan eksternal memberikan gambaran mengenai kekuatan (strenght), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (Threath) atau sering disebut dengan SWOT. Secara lebih jelas dapat dilihat dari tabel 1 berikut ini.
Alat yang dipakai untuk mengidentifikasi isu-isu strategis adalah matriks SWOT yaitu tabulasi antara faktor Eksternal; opportunity (peluang) dan threats (ancaman) dengan faktor Internal; strenghts (kekuatan) dan weaknesses (kelemahan). Matrik ini dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi suatu organisassi dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya.
Hasil akhir identifikasi
Isu Strategis disusun berdasarkan pada prioritas, urutan logika atau urutan
waktu agar memudahkan rumusan strategi. Selanjutnya Isu strategi tersebut
dievaluasi untuk mengetahui tingkat strategis masing-masing isu. Evaluasi Isu
strategis dapat dilakukan dengan menggunakan Uji Test Litmus (Litmus Test).
REFERENSI
Nawawi,
Hadari.
2005. Manajemen Strategi. Yogyakarta: Gadjah
Mada University Press.
Kurtz, David L. Boone, Louis E.
2008. Pengantar Bisnis Kontemporer.
Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Pearce, dan Robinson. 2007. Manajemen Strategi. Jakarta:
Salemba Empat.
Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam
ReplyDeletehttp://agensabungayam.logdown.com/post/7861590-foto-pertandingan-tajen-bali-di-gianyar
Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388.
https://www.sateayam.pro/
https://m1.hj128.pw
Daftar Sabung Ayam sv388
Daftar Sabung Ayam Online S128
Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :
Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.
Promo Promo BOLAVITA
Telegram : +62812-2222-995
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita
Mohon recheck untuk tabel 1 analisis SWOT, sepertinya terbalik di kolom paling kiri, kurang sesuai dengan kolom pengertiannya. tertulis urutannya O,T,S,W. mungkin lebih tepat jika urutannya S,W,O,T. Terima kasih.
ReplyDelete