Monday 16 September 2019


APA YANG DIMAKSUD DENGAN
ANALISIS SWOT?


Menurut Kurtz (2008:45), SWOT analisis adalah suatu alat perencanaan strategik yang penting untuk membantu perencana untuk membandingkan kekuatan dan kelemahan internal organisasi dengan kesempatan dan ancaman dari luar.

Menurut Pearce and Robinson (2003:134), analisis SWOT perlu dilakukan untuk mencocokkan fit antara sumber daya internal dan situasi eksternal perusahaan. Pencocokkan yang baik akan memaksimalkan kekuatan dan peluang perusahaan dan meminimumkan kelemahan dan ancamannya. Asumsi sederhana ini mempunyai implikasi yang kuat untuk design strategi yang sukses.
Hubungannya dengan analisis lingkungan, menurut Robert W. Duncan (Yana, 2007), analisis lingkungan internal dan eksternal merupakan hal penting dalam proses perencanaan strategi. Faktor-faktor lingkungan internal di dalam perusahaan biasanya dapat digolongkan sebagai strength (S) atau weakness (W), dan lingkungan eksternal perusahaan dapat diklasifikasikan sebagai opportunities (O) atau threat (T). Analisis lingkungan strategi ini disebut sebagai analisis SWOT.

Hasil identifikasi terhadap lingkungan internal dan lingkungan eksternal memberikan gambaran mengenai kekuatan (strenght), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (Threath) atau sering disebut dengan SWOT. Secara lebih jelas dapat dilihat dari tabel 1 berikut ini.


Alat yang dipakai untuk mengidentifikasi isu-isu strategis adalah matriks SWOT yaitu tabulasi antara faktor Eksternal; opportunity (peluang) dan threats (ancaman) dengan faktor Internal; strenghts (kekuatan) dan weaknesses (kelemahan). Matrik ini dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi suatu organisassi dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya.
Hasil akhir identifikasi Isu Strategis disusun berdasarkan pada prioritas, urutan logika atau urutan waktu agar memudahkan rumusan strategi. Selanjutnya Isu strategi tersebut dievaluasi untuk mengetahui tingkat strategis masing-masing isu. Evaluasi Isu strategis dapat dilakukan dengan menggunakan Uji Test Litmus (Litmus Test).


REFERENSI 
Nawawi, Hadari. 2005. Manajemen Strategi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 
Kurtz, David L. Boone, Louis E. 2008. Pengantar Bisnis Kontemporer. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat. 
Pearce, dan Robinson. 2007. Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.
 


2 comments:

  1. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7861590-foto-pertandingan-tajen-bali-di-gianyar


    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388.

    https://www.sateayam.pro/
    https://m1.hj128.pw
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  2. Mohon recheck untuk tabel 1 analisis SWOT, sepertinya terbalik di kolom paling kiri, kurang sesuai dengan kolom pengertiannya. tertulis urutannya O,T,S,W. mungkin lebih tepat jika urutannya S,W,O,T. Terima kasih.

    ReplyDelete